PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema Manusia dan Lingkungan di Kelas V SDN 025 Cikutra Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

Mia Rahmawati, 145060121 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema Manusia dan Lingkungan di Kelas V SDN 025 Cikutra Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER .pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran konvensional yang masih digunakan di SDN 025 Cikutra menjadikan hasil belajar siswa sebanyak 56% dari 41 siswa di kelas VA dan VE SDN 025 Cikutra masih belum mencapai KKM. Untuk itu perlu inovasi baru dalam pembelajaran dengan menggunakan model yang berbeda. Model pembelajaran examples non examples merupakan model yang cocok digunakan pada tema organ gerak hewan dan manusia subtema manusia dan lingkungan di kelas V SD karena dapat menjadikan siswa aktif, berpikir kritis, sistematis dan mandiri sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan pen elitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model examples non examples terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group . Penga mbilan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest untuk mengambil data hasil belajar. Sampel yang digunakan yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen menggunakan model examples non examples dan VE sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional di SDN 025 Cikutra. Teknik pengolahan data yang dilaku kan dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji t, uji Mann withney, uji gain ternormalisasi, dan uji effect size dilakukan dengan bantuan SPSS 17. Hasi l analisis data pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan sebesar 0,24 melalui uji Mann withney, terdapat peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen sebanyak 36% dan 27% di kelas kontrol melalui uji gain, dan terdapat pengaruh model pembelajaran examples non examples sebesar 0,59 yang berkategori besar melalui uji effect size. Dengan demikian model pembelajaran examples non examples memberikan pengaruh besar terhadap hasi l belajar siswa di kelas V SD. Kata kunci : model pembelajaran examples non examples, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2018 07:10
Last Modified: 04 Oct 2018 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37393

Actions (login required)

View Item View Item