PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRAK (CPA)

Annisa Nazmah Prahmasari, 145050051 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRAK (CPA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (814kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Representasi matematis merupakan kemampuan matematis yang menjadi pengaruh cukup besar dalam perkembangan kemampuan matematatis pada siswa dalam memahami konsep, mengembangkan konsep, dan menghubungkan konsep matematika. Adapun elemen yang tak kalah penting dari kemampuan representasi matematis yaitu productive disposition siswa, kedua hal yang saling berkaitan karena kedua kemampuan tersebut akan saling mempengaruhi satu sama lain. Model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) merupakan pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah matematika, melalui keadaan konkrit hingga ke tahap abstrak. Menurut metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak kelompok, dalam hal ini acak kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematis. Tes diujicobakan di kelas VIII. Dari hasil uji coba enam soal, enam soal digunakan untuk tes yang salah satunya digunakan dengan revisi. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan uji perbandingan dua rerata dengan program SPSS Statistic 22 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan Concrete-PictorialAbstract lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Productive disposition siswa yang memperoleh pendekatan Concrete-PictorialAbstract lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan representasi matematis dan productive disposition siswa yang memperoleh pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract. Kata Kunci : Kemampuan Representasi Matemaits, Kemampuan Productive Disposition, Pendekatan Pembelajaran Conctere-Pictorial-Abstract (CPA).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 04 Oct 2018 04:27
Last Modified: 04 Oct 2018 04:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37360

Actions (login required)

View Item View Item