PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN 066 Halimun Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/219)

RIDHA MERLIANA AZ-ZAHRA, 145060215 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN 066 Halimun Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/219). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (737kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model inkuiri pada Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 066 Halimun Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang kurang menunjukkan sikap peduli dan santun, serta pembelajaran yang kurang aktif, dikarenakan siswa masih belum berani dalam mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan dan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode dan media yang kurang bervariasi dan guru dalam menjelaskan materi hanya terpacu pada buku pegangan sehingga siswa cenderung menjadi pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Tagart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan kegiatan sesuai dengan tahap-tahap model inkuiri. Pengumpulan data menggunakan hasil tes, dan observasi sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada hasil belajar siswa siklus I sampai siklus III memperoleh nilai 13,51% menjadi 81%, sikap peduli pada siklus I sampai siklus III yaitu 32,4% menjadi 83,7%, sikap santun pada siklus I sampai siklus III memperoleh nilai 35,13% menjadi 81%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Kata Kunci : Model Inkuiri, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 08:51
Last Modified: 03 Oct 2018 08:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37331

Actions (login required)

View Item View Item