IRALDY LAENDRA FASA, 145050088 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER BERWARNA.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (536kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) mengetahui terdapat kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metod e kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 18 Garut. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Diperoleh kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan representasi matematis dan skala kemandirian belajar. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajran ekspositori; (2) peningkatan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajar an ekspositori; (3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra. Kata kunci: Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra, kemampuan representasi matematis, kemandirian belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 08:33 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 08:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37325 |
Actions (login required)
View Item |