PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING

RIFA AGHNIA FI’LA, 145050067 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang berperan dalam dunia pendidikan ialah matematika. Tetapi kenyataannya sekarang kemampuan penguasaan matematika siswa sangat rendah. Salah satu faktor utama penurunan prestasi bidang matematika adalah kemampuan pemecahan masalah yang masih rendah. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran project-based learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) mengetahui ketuntasaan siswa yang memperoleh model pembelajaran project-based learning dan (3) mengetahui self-regulated learning siswa yang memperoleh model pembelajaran project-based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah kelompok kontrol pretes-postes. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Pasundan 6 Bandung dengan masing-masing siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 27 orang di kelas eksperimen dan 25 orang di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes tertulis kemampuan pemecahan masalah dan angket self-regulated learning. Pengolahan dan analisis data menggunakan bantuan Microsoft Excel dan SPSS versi 17.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran project-based learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Serta self-regulated learning siswa yang memperoleh project-based learning tidak berbeda secara signifikan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Project-Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-Regulated Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 07:46
Last Modified: 03 Oct 2018 07:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37308

Actions (login required)

View Item View Item