RIFA AGHNIA FI’LA, 145050067 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (386kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Salah satu mata pelajaran yang berperan dalam dunia pendidikan ialah matematika. Tetapi kenyataannya sekarang kemampuan penguasaan matematika siswa sangat rendah. Salah satu faktor utama penurunan prestasi bidang matematika adalah kemampuan pemecahan masalah yang masih rendah. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran project-based learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) mengetahui ketuntasaan siswa yang memperoleh model pembelajaran project-based learning dan (3) mengetahui self-regulated learning siswa yang memperoleh model pembelajaran project-based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah kelompok kontrol pretes-postes. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Pasundan 6 Bandung dengan masing-masing siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 27 orang di kelas eksperimen dan 25 orang di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes tertulis kemampuan pemecahan masalah dan angket self-regulated learning. Pengolahan dan analisis data menggunakan bantuan Microsoft Excel dan SPSS versi 17.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran project-based learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Serta self-regulated learning siswa yang memperoleh project-based learning tidak berbeda secara signifikan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Project-Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-Regulated Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 07:46 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 07:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37308 |
Actions (login required)
View Item |