VINI FITRIA KHAIRANI, 145050110 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY (MPMK) DENGAN METODE BRAINSTORMING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KECEMASAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
6.-ABSTRACT.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
5.-ABSTRAKindo2.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Sah.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Sah.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Sah bgt.pdf Download (733kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Sah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKAjadii.pdf Download (327kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) dengan Metode Brainstorming terhadap pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis serta dampaknya terhadap kecemasan matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Sukabumi. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis tipe uraian dan angket kecemasan matematis. Analisis data kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan Independent sample ttest melalui program SPSS 20.0 for Windows dilanjut dengan uji Scheffé melalui Microsoft Excel 2010 begitu pula analisis data kecemasan matematis, dimana data diubah terlebih dahulu menjadi data kuantitatif menggunakan MSI (Method of Succesive Interval). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) dengan Metode Brainstorming lebih baik daripada siswa yang memperoleh Pembelajaran Biasa, 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) dengan Metode Brainstorming lebih baik daripada siswa yang memperoleh Pembelajaran Biasa; 3) kecemasan matematis siswa yang memperoleh Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) dengan Metode Brainstorming lebih rendah daripada siswa yang memperoleh Pembelajaran Biasa; dan 4) terdapat korelasi negatif antara kemampuan berpikir kritis matematis dan kecemasan matematis siswa. Oleh karena itu, Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) dengan Metode Brainstorming dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas. Kata Kunci : Model Pembelajaran Matematika Knisley, Metode Brainstorming, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, dan Kecemasa Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 06:34 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 06:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37281 |
Actions (login required)
View Item |