MEIDA IKA GUNARTI, 145030104 (2018) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN MEIDA.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA MEIDA.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS MEIDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA MEIDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I MEIDA.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II MEIDA.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III MEIDA.pdf Download (550kB) | Preview |
|
Text
BAB IV MEIDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V MEIDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA MEIDA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Fabel merupakan cerita tentang kehidupan binatang yang berperilaku menyerupai manusia. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel dengan menggunakan model artikulasi pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung? 2) Mampukah peserta didik kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung menceritakan kembali isi cerita fabel sesuai dengan struktur dan kebahasaan? 3) Efektifkah model artikulasi diterapkan untuk pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung? 4) Efektifkah model artikulasi untuk meningkatkan sikap percaya diri pada pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel pada kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung? 5) Adakah perbedaan hasil belajar peserta didik dalam menceritakan kembali isi cerita fabel dengan menggunakan model artikulasi untuk kelas eksperimen dan cooperative scripts untuk kelas kontrol? 6) Adakah perbedaan peningkatan sikap percaya diri dengan menggunakan model artikulasi di kelas eksperimen dan Cooperative Scripts di kelas kontrol?. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai hasil dari pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel dengan menggunakan model artikulasi. Hal ini terbukti hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan adalah 3.97 kategori sangat baik. 2) Peserta didik mampu menceritakan kembali isi cerita fabel sesuai dengan struktur dan kebahasaan. Hal ini terbukti dari selisih nilai pretes 51.83, dan postes 94.66. 3) Model artikulasi efektif diterapkan untuk pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel. Hal ini terbukti nilai pretes kelas eksperimen adalah 5.5, pretes kelas kontrol adalah 4. Postes kelas eksperimen adalah 11.93, postes kelas kontrol adalah 9.23. 4) Model artikulasi efektif dalam meningkatkan sikap percaya diri. Hal ini terbukti nilai pretes kelas eksperimen adalah 5.5, pretes kelas kontrol adalah 4. 5) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam menceritakan kembali isi cerita fabel dengan menggunakan model artikulasi sebagai kelas eksperimen dibandingkan kelas yang menggunakan model Cooperative Scripts sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, nilai pretes 51.83, dan postes 94.66, sedangkan pretes di kelas kontrol 3.9, postes 70.33. 6) Terdapat perbedaan nilai pretes kelas eksperimen adalah 5.5, pretes kelas kontrol adalah 4. Nilai postes kelas eksperimen 11.93, dan postes kontrol 9.23. Dengan demikian, penulis menyimpulkan penelitian tersebut menunjukkan keberhasilan. Kata Kunci: Menceritakan, fabel, sikap percaya diri, model artikulasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 06:12 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 06:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37271 |
Actions (login required)
View Item |