PEMBELAJARAN MENGANALISIS CIRI KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ADISTI SABILA ADLINA, 145030110 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS CIRI KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI ADISTI.docx

Download (66kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO ADISTI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA ADISTI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS ADISTI.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ADISTI.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ADISTI.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ADISTI.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text
BAB IV ADISTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V ADISTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ADISTI.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menganalisis membutuhkan kecermatan dan ketelitian, hal ini menjadi kendala bagi siswa karena banyak yang beranggapan menganalisis merupakan kegiatan yang rumit, mengingat harus menelaah suatu bacaan dari segi bahasa maupun strukturnya. Model Problem Based Learning adalah model yang digunakan sebagai cara untuk membantu menyelesaikan masalah, salah satunya adalah menganalisis, dengan cara ini menjadikan pendidik sebagai stimulus bagi keberhasilan pembelajaran. Peneliti tertarik mengangkat judul skripsi “Pembelajaran Menganalisis Ciri Kebahasaan Teks Negosiasi dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018.” Berdasarkan latar belakang yang dipaparkan dapat peneliti uraikan, berikut rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini; 1) mampukah peneliti merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran; 2) mampukah siswa kelas X dalam menganalisis ciri kebahasaan teks negosiasi berdasarkan teks yang dibaca; 3) efektifkah model problem based learning digunakan; 4) meningkatkah hasil belajar siswa SMA kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Adapun hasil penelitian, yaitu: 1) Peneliti mampu merancanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis ciri kebahasaan teks negosiasi dengan menggunakan model Problem Based Learning. Dibuktikan dengan perolehan nilai RPP sebesar 3.71 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,8. 2) Siswa mampu menganalisis ciri kebahasaan teks negosiasi. Dibuktikan dari nilai rata-rata hasil pretes sebesar 18.27 dan postes 84.93. 3) Model Problem Based Learning lebih efektif digunakan dibandingkan Model Inkuiri. Dibuktikan dengan hasil thitung pada kelas eksperimen adalah 20.97 dan thitung kelas kontrol sebesar 13.41. 4) Hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan di kelas kontrol. Dibuktikan dengan perolehan hasil pretes siswa di kelas eskperimen sebesar 18.27 dan postes 84.93, dengan selisih sebesar 66.43. Hasil tersebut lebih besar dibandingkan perolehan hasil belajar di kelas kontrol, yaitu sebesar 12.53 dan postes sebesar 35.06, dengan selisih sebesar 22.4 hal ini membuktikan bahwa model Problem Based Learning lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis ciri kebahasaan teks negosiasi dibandingkan model Inkuiri. Berdasarkan bukti data tersebut, maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Kata kunci: menganalisis, ciri kebahasaan, negosiasi, model problem based learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:07
Last Modified: 03 Oct 2018 06:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37269

Actions (login required)

View Item View Item