MIZPARI RAHMAN NUGRAHA, 135060051 (2018) PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA MANFAAT ENERGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indo.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (704kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rasa percaya diri siswa dan rendahmya tes hasil belajar siswa terhadap mata pelajar IPA khususnya pada sub tema manfaat energi, yaitu masih dibawah KKM. Hanya 12,50 % siswa yang memenuhu KKM dengan rata-rata 61,75, sedangakan target yang diharapkan yaitu rata-rata 70 atau 70 %. Demikian pula dengan rasa percaya diri siswa, dima siswa tidak termotivasi untuk aktif di kelas, kemudian pada saat pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional, dimana guru tidak menggunakan keunggulan dari model pembelajaran sehingga materi yang disampaikan kurang diserap oleh siswa dan pembelajaran pun tidak memenuhi target keberhasilan KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan rasa percaya diri dan hasil belajarar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiri pada sub tema manfaat energi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Margaasih Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. instrumen yang digunakan diantaranya, lembar observasi, soal individu, LKS kelompok. Adapaun hasil penelitian yang diperoleh dengan capaian 75 %. hasil pengamatan percaya diri siswa mulai dari siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I, persentase siswa yang mencapai kriteria sangat baik sebanyak 59,38% pada siklus II menjadi 90,62%. Hasil belajar siswa meningkat pada siklus I hasil evaluasi dengan siswa yang telah tuntas mencapai KKM sebanyak 62,50%. Dari hasil siklus 1 masih belum memenuhi target 75 % maka dilakukan kembali penelitian siklus II dan hasilnya meningkat signifikan sebanyak 87,25% siswa sudah tuntas memenuhi KKM dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub tema manfaat energi. Diharapkan guru dapat mencoba mengkaji dan mengimplementasikan keunggulan dari model pembelajaran tersebut di atas pada sub konsep pelajaran IPA lainnya dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran IPA. Kata kunci : Model inquiri, percaya diri, hasil belajar, manfaat energi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 03:49 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 03:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37249 |
Actions (login required)
View Item |