Sheilla Ayu Indazil Arsyi, 145030020 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS ANEKDOT BERFOKUS PADA PENGGUNAAN GAYA BAHASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SURVEY-READ-RECITE-REVIEW (SQ3R) PADA SISWA KELAS X SMK PURAGABAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak sunda.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
bab iii.pdf Download (538kB) | Preview |
|
Text
BAB IV alhamdulillah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
Metode survey question, read, recite, review (SQ3R) merupakan salah satu metode pembelajaran yang menekankan pada keterampilan membaca siswa. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menganalisis teks anekdot berfokus pada penggunaan gaya bahasa dengan menggunakan metode question, read, recite, review (SQ3R) pada siswa kelas X SMK Puragabaya Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Quasi Eksperimental Design dengan teknik penelitian observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut. (1) Penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis teks anekdot berfokus pada penggunaan gaya bahasa dengan menggunakan metode question, read, recite, review (SQ3R) pada siswa kelas X TSM SMK Puragabaya Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3.97. Kemampuan penulis termasuk ke dalam kategori sangat baik (A). (2) Siswa kelas X TSM SMK Puragabaya Bandung mampu menganalisis teks anekdot berfokus pada penggunaan gaya bahasa dengan menggunakan metode question, read, recite, review (SQ3R). Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretest sebesar 36.64 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77.36. Terdapat peningkatan sebesar 40.72. (3) Metode question, read, recite, review (SQ3R) efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis teks anekdot berfokus pada penggunaan gaya bahasa. Hal ini terbukti dari perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 12.08, ttabel sebesar 2.08 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 25. Kata Kunci : Gaya Bahasa, Menganalisis, Metode Question-Read-Recite-Review (SQ3R), Pembelajaran, Teks Anekdot.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 03:18 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 03:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37235 |
Actions (login required)
View Item |