ANALISIS KESALAHAN MENYIMAK TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 18 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RATNA PUTRI MARLINA, 145030124 (2018) ANALISIS KESALAHAN MENYIMAK TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 18 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract bismillah.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak basa sunda.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I RATNA BISMILLAH.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II RATNA BISMILLAH.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III RATNA BISMILLAH.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
BAB IV RATNA BISMILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V RATNA BISMILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka bismillah.pdf

Download (194kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya keterampilan menyimak peserta didik khususnya menyimak teks biografi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyimak teks biografi (2) memaparkan klasifikasi kesalahan menyimak teks biografi (3) mendeskripsikan solusi untuk meminimalkan kesalahan siswa dalam menyimak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 18 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil analisis dan pembahasan bahwa (1) masih banyak siswa yang belum bisa menyimak dengan baik, siswa beranggapan bahwa mendengar dan menyimak sama saja. (2) klasifikasi kesalahan menyimak teks biografi yang terbanyak adalah tingkat pemahaman 50,7%, Kedua, tingkat penerapan 44,7%. Ketiga, tingkat pemahaman sebesar 40,5%, Terendah tingkat ingatan 7,8%. Tiga dari empat tingkat menyimak masih tinggi, artinya keterampilan menyimak pada peserta didik masih rendah. (3) Solusi meminimalkan kesalahan menyimak teks biografi yaitu harus melatih siswa menyimak bukan hanya mendengarkan saja, hal ini diperkuat dengan hasil wawancara bersama guru Bahasa Indonesia kelas X IPA 3, dengan melatih agar fokus dengan tidak berpura-pura menaruh perhatian, masih ada siswa yang berpura-pura menyimak dengan menatap pembicara dengan kedua mata tanpa kedipan dengan anggukan, tetapi sebenarnya perhatian bukan tertuju pada pembicara. Berdasarkan bukti data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kesalahan menyimak teks biografi pada siswa masih tergolong tinggi. Sarannya adalah siswa harus terbiasa berkosentrasi dalam menyimak. Kata kunci: menyimak, teks biografi, klasifikasi kesalahan menyimak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:59
Last Modified: 03 Oct 2018 02:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37225

Actions (login required)

View Item View Item