PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA KELAS X MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Putri Mega Hidayat, 145050036 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA KELAS X MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis memiliki peranan penting dalam keberhasilan siswa menguasai materi matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan tersebut masih belum memadai. Self-regulated learning siswa haruslah ditanam dan ditumbuhkembangkan dalam diri siswa, karena melihat peranan self-regulated learning dalam pembelajaran matematika sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.(2) Untuk mengetahui apakah self-regulated learning siswa SMA yang memproleh model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.(3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-regulated learning siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Klari . Sampel penelitian ini terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas X IPA 6sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan kreatif matematis dan skala self-regulated learning. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) Self-regulated learning siswa yang memperoleh pembelajaran model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-regulated learningsiswa yang memperoleh pembelajaran model inkuiri terbimbing. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, Kemampuan berpikir kreatif matematis, Self-regulated learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:45
Last Modified: 03 Oct 2018 02:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37219

Actions (login required)

View Item View Item