PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TANGGAPAN TERHADAP KUMPULAN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 51 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

SELFIE RESKITA AUDINA, 145030003 (2018) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TANGGAPAN TERHADAP KUMPULAN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 51 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkesan.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menyajikan tanggapan terhadap kumpulan cerpen adalah pembelajaran yang mengharuskan peserta didik memiliki keterampilan dalam menulis. Sehubungan dengan itu penulis tertarik melakukan penelitian mengenai pembelajaran menyajikan tanggapan terhadap kumpulan cerpen dengan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas VIII SMPN 51 Bandung. Permasalahan dalam penelitian ini: 1) Mampukah peneliti merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menyajikan tanggapan terhadap kumpulan cerpen? 2) Mampukah siswa menulis tanggapan terhadap kumpulan cerpen? 3) Efektifkah metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran menyajikan tanggapan terhadap kumpulan cerpen? 4) Adakah perbedaan hasil belajar menyajikan tanggapan terhadap kumpulan cerpen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol? Tujuan penelitian ini untuk mencapai keberhasilan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran yang dilakukan; mengetahui kemampuan peserta didik kelas VIII dalam pembelajaran tersebut dan keefektifan metode pembelajaran yang digunakan. Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini yaitu true eksperimen, dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, tes dan analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut; 1) Nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pem-belajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,74. Adapun rincianya sebagai terdiri dari nilai perencanaan 3,77, dan nilai pelaksanaan 3,74. 2) Nilai rata-rata pretes sebesar 41,90 dan dan nilai rata-rata postes 84,62 terdapat peningkatan. 3) Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih efektif digunakan dari metode Two Stay Two stray. Hal ini dibuktikan dari hasil data indeks gain, diperoleh hasil responden pada kelas eksperimen sebagian besar responden pada kategori tinggi, yaitu sebesar 65,6%, sementara pada kelas kontrol justru sebaliknya, yaitu sebagian besar responden pada kategori sedang, 83,3%. 4) Perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol terlihat dari hasil pretes dan postes. Nilai minimum pretes kelas eksperimen yaitu 16,7 dan mak-simum 66,7, se-dangkan kelas kontrol minimum 16,7 dan maksimum 58. Kemudian, nilai postes mi-nimum kelas eksperimen 75 dan maksimum 100, sedangkan kelas kontrol nilai minimumnya 41 dan maksimumnya 75 terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menyajikan tanggapan terhadap kumpulan cerpen metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif digunakan dalam menyajikan tanggapan ter-hadap kumpulan cerpen pada siswa kelas VIII SMPN 51 Bandung. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meningkat kemampuan belajar peserta didik dengan mencari informasi dari berbagai sumber mengenai pembelajaran menyajikan tanggapan terhadap kumpulan cerpen dengan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Kata Kunci: Menyajikan tanggapan terhadap kumpulan cerpen, metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:34
Last Modified: 03 Oct 2018 02:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37214

Actions (login required)

View Item View Item