PENGARUH KESEMPATAN BERTUMBUH DAN SIKLUS HIDUP PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2016)

Weny Widya, 144020081 and Pembimbing I, Dr. Atang Hermawan., SE., MSIE., AK (2018) PENGARUH KESEMPATAN BERTUMBUH DAN SIKLUS HIDUP PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2016). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
WENNY BAG 1.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WENNY BAG 2.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WENNY BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WENNY BAB II.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WENNY BAB III.pdf

Download (565kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

Abstrak Manajemen laba adalah suatu tindakan manajer dalam melakukan pemanipulasian atau perekayasaan atas laporan keuangan atau informasi akuntansi agar jumlah laba yang tercatat sesuai dengan keinginan manajer, baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kesempatan Bertumbuh dan Siklus Hidup terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dari penelitian ini yaitu sebanyak 42 perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2016. Metode pemilihan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan total 18 perusahaan yang memenuhi kriteria. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial Kesempatan Bertumbuh berpengaruh terhadap Manajemen Laba, dan secara parsial Siklus Hidup berpengaruh terhadap Manajemen Laba, sedangkan secara simultan Kesempatan Bertumbuh dan Siklus Hidup berpengaruh terhadap Manajemen Laba. Kata Kunci : Kesempatan Bertumbuh, Siklus Hidup, Manajemen Laba.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:25
Last Modified: 03 Oct 2018 02:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37206

Actions (login required)

View Item View Item