PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI MODEL ALBERTA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN HABITS OF MIND SISWA SMA

MUHAMAD SETYAJI, 145050042 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI MODEL ALBERTA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN HABITS OF MIND SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.-LEMBAR-PENGESAHAN.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (823kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan representasi matematis termasuk dalam standar kemampuan matematis yang diperlukan oleh siswa. Namun kemampuan representasi matematis siswa ternyata masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah tidak mampu menyajikan permasalahan ke dalam model matematika dengan tepat dan kebiasaaan berpikir siswa yang masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan habits of mind adalah Inkuiri Model Alberta. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMA yang memperoleh pembelajaran inkuiri model alberta lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Untuk mengetahui habits of mind siswa SMA yang memperoleh pembelajaran inkuiri model alberta lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran inkuiri model alberta untuk kemampuan representasi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pretes dan postes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Sampel penelitian ini dipilih secara acak sebanyak 2 kelas yakni, kelas X Mipa 3 sebagai kelas eksperimen dan X Mipa 2 sebagai kelas kontrol di SMA Pasundan 8 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes kemampuan representasi matematis yang dibuat dalam bentuk uraian (pretes-postes) dan instrumen non-tes berupa angket habits of mind. Analisis data menggunakan uji parametrik pada data pretes-postes melalui software SPSS Statistics 20.0 for Windows dan rumus cohend’s untuk melihat efektivitas. Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Inkuiri Model Alberta lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Habits of mind siswa yang menggunakan pembelajaran Inkuiri Model Alberta lebih baik daripada habits of mind siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Efektivitas pembelajaran Inkuiri Model Alberta untuk kemampuan representasi matematis siswa tergolong kedalam kategori besar. Kata Kunci: Inkuiri Model Alberta, Representasi Matematis, Habits of mind.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:16
Last Modified: 03 Oct 2018 02:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37203

Actions (login required)

View Item View Item