PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DALAM CERITA RAKYAT (HIKAYAT) DENGAN MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAN 1 KOTA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

IQBAL FUADI, 145030080 (2018) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DALAM CERITA RAKYAT (HIKAYAT) DENGAN MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAN 1 KOTA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ringkesan.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik memahami cerita rakyat (hikayat). Metode peta pikiran merupakan metode yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Berkenaan dengan penjelasan di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Mengiden-tifikasi Nilai-Nilai Dalam Cerita Rakyat (Hikayat) Dengan Menggunakan Peta Pikiran Pada Peserta Didik Kelas X Man 1 Kota Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019”. Peneliti mengajukan rumusan masalah sebagai berikut. (1) Mampukah peneliti merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai dalam teks cerita rakyat (hikayat) dengan menggunakan metode peta pikiran?;. (2) Mampukah peserta didik kelas X MAN 1 Kota Bandung mengidentifikasi nilai-nilai dalam cerita rakyat (hikayat) dengan menggunakan metode Peta Pikiran?;. (3) Efektifkah metode peta pikiran digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai dalam cerita rakyat (hikayat)?. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu quasi experiment (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pre-test post-test design, dengan teknik penelitian studi pustaka, uji coba, observasi, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya yaitu rata-rata nilai kumulatif perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,82. Nilai tersebut termasuk kedalam kategori baik sekali (A). Hasil nilai rata-rata pretes sebesar 56,41 dan nilai rata-rata postes sebesar 80,77 dengan selisih 24,36. Hasil perhitungan statistik dengan hasil 17,90>0,34 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 35. Berdasarkan data dan hasil penelitian di atas, maka penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai dalam cerita rakyat (hikayat) di kelas X MAN 1 Kota Bandung, sudah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata Kunci : Pembelajaran, Mengidentifikasi, nilai-nilai dalam cerita rakyat (hikayat), Metode Peta Pikiran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:05
Last Modified: 03 Oct 2018 02:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37197

Actions (login required)

View Item View Item