PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED

SITI NUR’AISYAH, 145050004 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (844kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya pengembangan kemampuan berpikir kreatif matematis kurang optimal. Self Efficacy perlu ditanam dan dikembangkan dalam diri siswa, karena melihat peranan Self Efficacy dalam pembelajaran matematika sangatlah penting. Salah satu alternatif pembelajarannya yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan Self Efficacy siswa adalah model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan Open Ended. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis perbandingan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan teknik Problem Posing dengan pendekatan Open Ended dan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan teknik pembelajaran konvensional. (2) Menganalisis perbandingan Self Efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan Open Ended dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Menganalisis korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan Self Efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan Open Ended. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan disain penelitian kelompok kontrol pretes postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padalarang pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIE sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan skala Self Efficacy. Berdasarkan analisis data menggunakan IBM SPSS Statistics 20 dan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis yang memperoleh pembelajaran menggunakan Problem Posing dengan pendekatan Open Ended lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Self Efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan Open Ended lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan Self Efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan Open Ended. Kata kunci : Problem Posing, Open Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 01:55
Last Modified: 03 Oct 2018 01:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37192

Actions (login required)

View Item View Item