WURI HANDAYANI, 145050030 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (463kB) | Preview |
|
Text
16. BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
||
Text
17. BAB V KESIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
Permendikbud No. 64 tahun 2013 memaparkan bahwa salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan mengkomunikasikan gagasan matematika dengan jelas. Kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa SMP relatif masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa SMP adalah model REACT. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa mana yang lebih tinggi antara siswa yang memperoleh pembelajaran REACT dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Mengetahui disposisi matematis siswa mana yang lebih baik antara siswa yang memperoleh pembelajaran REACT dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 3) Mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran REACT terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket disposisi matematis. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji two Independent Sample t-Test dan uji Shapiro Wilk dengan bantuan software Microsoft Excel dan software SPSS 20.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran REACT lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran REACT lebih baik daripada disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 3) Model pembelajaran REACT tergolong dalam kategori efektif sedang untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian model pembelajaran dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Model Pembelajaran REACT, Kemampuan Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 01:46 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 01:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37185 |
Actions (login required)
View Item |