SRI INTAN RAKHMAWATI, 145050045 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (bismillah).pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (564kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
dapus.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi matematis merupakan kemampuan untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara koheren kepada teman, dan pendidik, melalui bahasa, lisan, tulisan. Agar terciptanya indikator dalam kemampuan komunikasi matematis maka self-confidence sangat dibutuhkan dalam hal-hal tersebut. Namun, kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa masih rendah. Salah satu pembelajaran yang dianggap cocok digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa SMP adalah model Problem Centerd Learning (PCL). Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model PCL daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model PCL daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) mengetahui self-confidence siswa yang memperoleh model PCL darpada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 4) mendeskripsikan efektivitas model PCL untuk kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nasional Bandung. Sampel diambil sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tipe uraian soal kemampuan komunikasi matematis dan angket skala sikap. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dan uji effect size. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model PCL lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa, 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model PCL lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa, 3) self-confidence siswa yang memperoleh model PCL lebih baik daripada siswa yang memperoleh model PB, 4) efektivitas model PCL untuk kemampuan komunikasi matematis tergolong kedalam kategori besar. Dengan demikian model PCL dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata kunci: Problem Centered Learning, Komunikasi Matematis, Self-confidence.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 01:30 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 01:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37171 |
Actions (login required)
View Item |