PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING

SRI INTAN RAKHMAWATI, 145050045 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (bismillah).pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (157kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Komunikasi matematis merupakan kemampuan untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara koheren kepada teman, dan pendidik, melalui bahasa, lisan, tulisan. Agar terciptanya indikator dalam kemampuan komunikasi matematis maka self-confidence sangat dibutuhkan dalam hal-hal tersebut. Namun, kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa masih rendah. Salah satu pembelajaran yang dianggap cocok digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa SMP adalah model Problem Centerd Learning (PCL). Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model PCL daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model PCL daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) mengetahui self-confidence siswa yang memperoleh model PCL darpada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 4) mendeskripsikan efektivitas model PCL untuk kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nasional Bandung. Sampel diambil sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tipe uraian soal kemampuan komunikasi matematis dan angket skala sikap. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dan uji effect size. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model PCL lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa, 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model PCL lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa, 3) self-confidence siswa yang memperoleh model PCL lebih baik daripada siswa yang memperoleh model PB, 4) efektivitas model PCL untuk kemampuan komunikasi matematis tergolong kedalam kategori besar. Dengan demikian model PCL dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata kunci: Problem Centered Learning, Komunikasi Matematis, Self-confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 01:30
Last Modified: 03 Oct 2018 01:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37171

Actions (login required)

View Item View Item