PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

NURSILVIANI ULFATUSHIYAM, 145050040 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT2.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran matematika menuntut siswa memiliki berbagai macam kemampuan matematis diantaranya adalah kemampuan berpikir kritis matematis. Kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya kemampuan berpikir matematis dan self-efficacy masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dengan; (2) mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desainnya adalah Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Pasundan 4 Bandung tahun ajaran 2018/2019. Adapun sampelnya adalah siswa kelas VIII D dan VIII E yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis dan skala self-efficacy dengan menggunakan skala Likert. Tes dan skala self-efficacy terlebih dahulu diuji cobakan dan diperoleh instrumen yang layak digunakan untuk penelitian. Dari hasil analisis penelitian, diperoleh: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa tergolong dalam klasifikasi kuat. Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self-Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 01:25
Last Modified: 03 Oct 2018 01:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37165

Actions (login required)

View Item View Item