PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL RECIPROCAL LEARNING PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas V SDN 025 Cikutra Kota Bandung Pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan Tahun Ajaran 2018/2019)

GILANG MUHAMMAD SHIDIQ, 145060256 (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL RECIPROCAL LEARNING PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas V SDN 025 Cikutra Kota Bandung Pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover skripsi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indo.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (956kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka skripsi.pdf

Download (197kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran Reciprocal Learning adalah suatu model atau disain pembelajaran untuk menguji pemahaman peserta didik dengan menggunakan strategi pertukaran peran yang mana dalam kegiatan pembelajaran peserta didik berperan sebagai pendidik yang memandu kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menyusun RPP dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Learning agar prestasi belajar peserta didik dapat meningkat. (2) Melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model Reciprocal Learning agar prestasi belajar peserta didik meningkat. (3) Mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menerapkan model Reciprocal Learning. (4) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam penerapan model Reciprocal Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan, 4. Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V D SD Negeri 025 Cikutra Kota Bandung tahun pelajaran 2018/2019. Teknik evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal Pilihan Ganda (PG). Teknik tes untuk mengetahui prestasi belajar dan non tes untuk menentukan aktivitas belajar peserta didik itu tumbuh dari penerapan model pembelajaran berbasis pertanyaan Reciprocal Learning sehingga berdampak pada prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, di peroleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran model Reciprocal Learning untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik menunjukan bahwa pada siklus III mendapat nilai rata-rata 3,86 dalam kategori sangat baik, 2) Pelaksanaan model pembelajaran Reciprocal Learning untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik menunjukan bahwa pada siklus III mendapat nilai rata-rata 3,88 dalam kategori sangat baik, 3) Sikap percaya diri peserta didik mengalami peningkatan pada subtema Organ Gerak Hewan menunjukan bahwa pada siklus III mendapat nilai rata-rata 81,05 atau 91% dalam kategori sangat baik, 4) Hasil belajar peserta didik model pembelajaran berbasis pertanyaan untuk meningkatkan prestasi peserta didik subtema Organ Gerak Hewan menunjukan bahwa pada siklus III mendapat nilai rata-rata 80 atau 88% dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Reciprocal Learning, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 10:04
Last Modified: 02 Oct 2018 10:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37152

Actions (login required)

View Item View Item