PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SDN Sindangpanon Banjaran Kab. Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

Waliman Ramadhan, 145060220 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SDN Sindangpanon Banjaran Kab. Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV SD Negeri Sindangpanon Banjaran Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku dengan menggunakan model Problem Based Learning. Pelaksanaan PTK ini dilakukan sebanyak 3 siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan, pada tiap siklus dilakukan observasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pada siklus I jumlah nilai rata-rata hasil belajar yang didapat peserta didik sebesar 68,7 yang termasuk ke dalam kategori cukup dengan persentase ketuntasan mencapai 50% atau berjumlah 20 orang dari 40 peserta didik. Pada siklus II jumlah nilai rata-rata hasil belajar yang didapat peserta didik sebesar 73,6 yang termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan mencapai 73% atau berjumlah 29 orang dari 40 peserta didik. Pada siklus III jumlah nilai rata-rata hasil belajar yang didapat peserta didik sebesar 83,5 yang termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan mencapai 85% atau berjumlah 34 orang dari 40 peserta didik. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV SD Negeri Sindangpanon Banjaran Kabupaten Bandung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 09:48
Last Modified: 02 Oct 2018 09:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37148

Actions (login required)

View Item View Item