PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM TEKS HIKAYAT MENGGUNAKAN METODE TWO-STAY TWO-STRAY UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP GOTONG ROYONG PADA KELAS X SMKS NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

DESTIA MEGINTA, 145030067 (2018) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM TEKS HIKAYAT MENGGUNAKAN METODE TWO-STAY TWO-STRAY UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP GOTONG ROYONG PADA KELAS X SMKS NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ENGLISH.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam teks hikayat menggunakan keterampilan membaca. Teks hikayat merupakan karya sastra cerita Melayu Klasik yang termasuk ke dalam teks narasi yang menonjolkan unsur penceritaan berciri kemustahilan dan kesaktian tokoh-tokohnya. Metode two-stay two-stray merupakan pembelajaran kelompok dengan tujuan agar siswa dapat saling berkerjasama, bertanggung jawab, saling membantu memecahkan masalah dengan teman sekelompoknya dan saling mendorong satu sama lain untuk berprestasi khususnya dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam te ks hikayat. Dengan demikian, penulis merasa tertantang dan tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam teks hikayat menggunakan metode two-stay two-stray untuk mengembangkan sikap gotong royong pada kelas X SMKS Nasional Bandung tahun pelajaran 2018/2019. Penulis mengajukan permasalahan sebagai berikut; Mampukah penulis merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam teks hikayat pada siswa kelas X SMKS Nasional Bandung?; Efektifkah metode pembelajaran two-stay two-stray digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam teks hikayat untuk mengembangkan sikap gotong royong pada siswa kelas X SMKS Nasional Bandung?; Adapun hasil penelitian, yaitu penulis mampu merencakan pembelajaran di kelas ekperimen dan kontrol dibuktikan dengan nilai rata-rata 3,93 dan mampu melaksanakan pembelajaran dibuktikan dengan nilai rata-rata di kelas ekperimen 3,95 dan di kelas kontro 3,96. Metode two-stay two-stray efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam teks hikayat karena hasil akhir kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata postes peserta did ik pada kelas eksperimen sebesar 90,28 dengan hasil uji statistik sebesar t hitung > ttabel, yaitu 16,87>9,35 dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai-nnilai yang terkandung dalam teks hikayat menggunakan metode two-stay two-stray untuk mengembangkan sikap gotong royong pada siswa kelas X SMKS Nasional Bandung. Berbeda halnya dengan kelas kontrol yang diberikan metode ceramah mendapatkan nilai rata-rata postes 89,73 dengan hasil uji statistik sebesar t hitung > ttabel, yaitu 11,43>9,5. Kata kunci: Pembelajaran, mengidentifikasi, nilai-nilai teks hikayat, metode two-stay two-stray, gotong royong.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 09:23
Last Modified: 02 Oct 2018 09:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37142

Actions (login required)

View Item View Item