PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E (ELICIT, ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATE, EVALUATE, AND EXTEND)

NAUFAL NAZHIF, 145050044 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E (ELICIT, ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATE, EVALUATE, AND EXTEND). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ingg.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORETIS.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode penelitian.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
BAB IV Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Simpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Salah satu bentuk kesulitan belajar adalah siswa sulit untuk mengkoneksikan materi yang diajarkan oleh guru atau dengan kata lain tingkat koneksi matematis siswa masih rendah, disposisi matematis siswa haruslah ditanam dan ditumbuhkembangkan dalam diri siswa, karena melihat peranan disposisi matematis dalam pembelajaran matematika sangatlah penting. Sesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan, tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model learning cycle 7e lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) untuk mengetahui apakah disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model learning cycle 7e lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh model learning cycle 7e. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Pasundan 8 Bandung dan sampelnya adalah dua kelas XI IPS di SMA Pasundan 8 Bandung. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis dan skala disposisi matematis. Berdasarkan analisis data dan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model model learning cycle 7e lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) Disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model learning cycle 7e lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat korelasi kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh model learning cycle 7e. Kata Kunci : Learning Cycle 7E, kemampuan koneksi matematis, disposisi matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 09:08
Last Modified: 02 Oct 2018 09:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37138

Actions (login required)

View Item View Item