PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Martadinata Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018-2019)

Ayu Mustika Sari, 145060250 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Martadinata Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018-2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BASA SUNDA.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (103kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai rata-rata pembelajaran subtema 1 organ gerak hewan yang dikarenakan kurangnya kesiapan guru serta penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru dirasa kurang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diimplementasikan suatu Penelitian Tindakan Kelas melalui penerapan model Discovery Learning. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari III siklus, dilaksanakan di kelas V SDN Martadinata Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung dengan jumlah siswa 27 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning pada subtema organ gerak hewan. Model penelitian yang digunakan dalam penel itian tindakan kelas ini adalah model siklus, sedangkan pola yang digunakan adalah pola kolaboratif, teknik pengumpulan data dengan cara observasi aktivitas siswa dan guru, pedoman wawancara guru, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil pada siklus I sebesar 68%, siklus II sebesar 72%, dan siklus III sebesar 93%. Hasil belajar pada ranah kognitif siklus I mencapai 55%, pada siklus II mencapai 78%, dan pada siklus III mencapai 100%. Selanjutnya pada ranah afektif pada siklus I memperoleh hasil 59%, pada siklus II memperoleh hasil sebesar 74%, dan pada siklus III memperoleh hasil sebesar 89%. Kemudian yang terakhir ranah psikomotor pada siklus I mencapai 22%, pada siklus II mencapai 74%, dan pada siklus III mencapai 85%. Itu artinya penerapan model Discovery Learning ini sangat efektif digunakan pada pembelajaran subtema organ gerak hewan. Serta hasil aktivitas dan respon siswa menunjukkan kategori yang baik. Berdasakan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran penemuan (discovery) dapat meningkatkan pemahaman siswa dan akan memberikan efek atau pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa serta diharapkan guru dapat mencoba dan menerapkan model pembelajaran ini pada materi ajar yang lain dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dan hasil belajarnya lebih lanjut. Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 08:29
Last Modified: 02 Oct 2018 08:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37133

Actions (login required)

View Item View Item