PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Sub Tema Organ Gerak Hewan di Kelas V SDN 043 Cimuncang Kota. Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

RISVA NOVIANTI UMAYA, 145060218 (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Sub Tema Organ Gerak Hewan di Kelas V SDN 043 Cimuncang Kota. Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover .pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Cooperative Course Review Model pembelajaran Horay adalah model atau desain pembelajaran untuk menguji pemahaman siswa menggunakan strategi permainan yang jika siswa mampu menjawab dengan benar maka siswa akan berteriak '' horey ''. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Meningkatkan motivasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Course Review Horay (CRH) (2) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe Course Review Horay (CRH) (3) Meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Course Review Horay (CRH). Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kelas Action Research (PTK) yang terdiri dari 4 tahap: 1. Perencanaan 2. Pelaksanaan 3. Observasi 4.Refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 043 Cimuncang Bandung tahun 2018/2019. Teknik evaluasi yang digunakan dalam hal ini penelitian adalah Essay. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar dan non tes untuk mengukur motivasi. Kegiatan belajar siswa tumbuh dari penerapan masalah berdasarkan model pembelajaran Course Review Horay sehingga berdampak pada pembelajaran siswa hasil dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis data penelitian yang diperoleh dalam kesimpulan: 1) aspek kognitif siklus 1 35% siklus II 77% dan siklus III 93 %. Pada aspek afektif siklus I keseluruhan dari setiap indikator sebesar 75% pada siklus II sebesar 78% dan siklus III sebanyak 92% pada aspek psikomotor pada siklus I 77% siklus II 80% dan siklus III 83 % dengan kategori sangat baik, 2) aktivitas belajar dengan model pembelajaran Course Review Horay untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa hasil menunjukkan bahwa pada siklus III guru dapat mengubah pembelajaran dari teacher center menjadi student center, 3) Motivasi belajar siswa telah meningkat dalam bentuk subtema Organ Gerak Hewan menunjukkan bahwa pada pra pembelajaran hanya 24% dan pada pasca menggunakan model course review horay menjadi 97% dengan kategori tinggi Kata kunci : Model Course Review Horay, Motivasi dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 08:20
Last Modified: 02 Oct 2018 08:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37131

Actions (login required)

View Item View Item