FIONA RESTI, 145050002 (2018) PENGARUH MODEL-ELICITING ACTIVITIES TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover (1) baru.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INA.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ENG.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (571kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Untuk mengetahui apakah self-efficacy siswa yang menggunakan Model-Eliciting Activities lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional; 3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi atau hubungan antara self-efficacy siswa dengan kemampupan berpikir kritis matematis melalui pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes dan postes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Pasundan 2 Bandung. Sampel penelitian ini dipilih secara acak sebanyak 2 kelas yakni, kelas X Mipa 4 sebagai kelas eksperimen dan X Mipa 6 sebagai kelas kontrol di SMA Pasundan 2 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis yang dibuat dalam bentuk uraian (pretes-postes) dan instrumen non-tes berupa angket self-efficacy. Analisis data menggunakan uji parametrik pada data pretes-postes dan uji Pearson Product Moment untuk korelasi melalui software SPSS Statistics 17.0 for Windows. Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada yang mengunakan pembelajaran konvensional; 2) Self-efficacy siswa yang menggunakan Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada yag mengunakan pembelajaran konvensional; 3) Tidak terdapat koreasi antara Self-efficacy siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis yang memperoleh pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model-Eliciting Activities (MEAs), Berpikir Kritis Matematis, Self-Efficacy.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 08:16 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 07:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37129 |
Actions (login required)
View Item |