PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU TERHADAP PEMAHAMAN MATERI SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Sub Tema Budidaya Kelas X SMA Pasundan 4 Bandung)

DEBI HERLINDA, 145020064 (2018) PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU TERHADAP PEMAHAMAN MATERI SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Sub Tema Budidaya Kelas X SMA Pasundan 4 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indonesia.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT english.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Terhadap Pemahaman Materi Belajar Siswa Kelas X SMA Pasundan 4 Bandung. Penelitian ini bertujuan : (i) Untuk mengetahui bagaimana Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru dalam mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, (ii)Untuk mengetahui bagaimana pemahaman materi belajar siswa, dan (iii) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru terhadap pemahaman materi mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan SMA Pausndan 4 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X SMA Pasundan 4 Bandung. Instrumen penelitian berupa angket indikator Pedagogical Content Knowledge (PCK), perilaku pemahaman materi, dan indikator pemahaman materi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Berdasarkan hasil olah data nilai rata-rata angket diketahui pada dimensi Pedagogical Content Knowledge adalah “Baik” ditunjukkan dengan rata-rata bobot sebesar 3,69, pada item pernyataan tentang perilaku pemahaman materi belajar siswa adalah “Baik” ditunjukkan dengan bobot sebesar 3,40, dan pernyataan pada indikator pemahaman materi siswa berada dalam kategori tafsiran “Baik” ditunjukan dengan rata-rata bobot sebesar 3,34. Diperoleh kesimpulan bahwa Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru memberikan pengaruh terhadap Pemahaman materi belajar siswa kelas X sebesar 47,9% dengan interpretasi cukup. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, untuk selanjutnya peneliti memberikan saran bagi guru diharapkan agar Pedagogical Content Knowledge (PCK) bias lebih ditingkatkan lagi supaya bias berjalan lancer dan sesuai tujuan penelitian yang telah dilakukan Pedagogical Content Knowledge (PCK), bagi sekolah diharapkan dapat memberikan fasilitas yang mendukung penilaian karena PCK guru dalam meningkatkan pemahaman materi belajar siswa sebagai bahan masukan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui perbaikan proses pembelajaran, dan bagi peneliti selanjutnya, diharapkan bias meneliti lebih lanjut mengenai Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam bidang mapel lain. Kata kunci : Pedagogical Content Knowledge (PCK) , Pemahaman Materi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 06:33
Last Modified: 02 Oct 2018 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37110

Actions (login required)

View Item View Item