PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMK NASIONAL BANDUNG (Studi Kasus Pada Kelas XI Administrasi Perkantoran Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi)

DINA ANDINA RAHAYU, 145020047 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMK NASIONAL BANDUNG (Studi Kasus Pada Kelas XI Administrasi Perkantoran Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka(1).pdf

Download (9kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

“PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMK NASIONAL BANDUNG (Studi Kasus pada Kelas XI Administrasi Perkantoran Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi)”. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui model pembelajaran discovery learning; 2) Mengetahui keaktifan belajar siswa; dan 3) Untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh antara model pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Nasional Bandung. Untuk membahas perumusan tersebut diatas dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei, dengan teknik pengumpulan data: observasi, kuisioner, dan studi pustaka. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas, dengan teknik pengolahan data analisis normalitas, analisis regresi, dan analisis koefisien determinasi/uji besar pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pembelajaran discovery learning yang diterapkan oleh guru di SMK Nasional Bandung memiliki rata-rata 4,27, hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berada dalam kategori “sangat baik”; 2) Keaktifan belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Nasional Bandung pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi memiliki rata-rata 4,28, yaitu berada dalam kategori “sangat baik”; 3) Terdapat pengaruh yang positif antara model pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Nasional Bandung. Hal ini berdasarkan pada persamaan regresi Y = 3,818 + 1,308 X. Penulis berkesimpulan bahwa pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 69,3% yang berarti 69,3% keaktifan belajar siswa ditentukan oleh model pembelajaran discovery learning dan 30,7% ditentukan oleh faktor luar seperti dari guru, lingkungan sekolah dan lain sebagainya. Sebagai akhir penelitian, penulis memberikan saran kepada pembaca apabila terdapat siswa yang memiliki karakter pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik yang mampu membuat siswa menjadi aktif. Salah satunya mengunakan model pembelajaran discovery learning, karena model pembelajaran tersebut ini dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Model pembelajaran discovery learning, Keaktifan Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 06:14
Last Modified: 02 Oct 2018 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37104

Actions (login required)

View Item View Item