Mita Nur Tri Utami, 145060219 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Sukamanah Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (605kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN Sukamanah Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan kurangnya hasil belajar peserta didik terhadap suatu materi ajar yang disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya ialah kegiatan pembelajaran masih berpusat kep ada guru, peserta didik cenderung malu-malu ketika diarahkan untuk berdiskusi dan hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto dengan tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I memperoleh nilai dengan persentase 33,33%, siklus II sebesar 71,42% dan siklus III sebesar 85,71%. Dengan nilai rata-rata siklus I 63,33, siklus II 71,19 dan siklus III 80,47. Sikap peduli siswa memperoleh nilai pada siklus I dengan persentase sebesar 33,33%, siklus II sebesar 61,90% dan siklus III sebesar 80,95%. Dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 64,33, siklus II 74,90 dan siklus III 81,09. Kesimpulan dari penelitian ini adalah p enggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sikap peduli siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternative pendekatan pembelajaran untuk diterapkan di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa Meningkat
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 06:08 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 06:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37103 |
Actions (login required)
View Item |