Fachri Muhammad Fachrurozi, 145060235 (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DI SDN SINDANGPANON KEC. BANJARAN (Penelitian Kuasi Eksperimen di kelas IV SDN Sindangpanon Tahun Ajaran 2018/ 2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA - Copy.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS - Copy.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA - Copy.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (768kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELTIAN.pdf Download (571kB) | Preview |
|
Text
BAB IV PEMBAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA KESELURUHAN.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi sifat cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi sifat cahaya sebagai efek diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) apabila dibandingkan dengan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan model biasa (konvensional). Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian one group Pre test dan Post test. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di SDN Sindangpanon Kec.Banjaran Kab. Bandung tahun ajaran 2018-2019 yang terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol masing-masing berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tipe pilihan ganda, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan angket keberhasilan hasil belajar bagi peserta didik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh: (1) persentase skor rerata N-gain untuk tes hasil belajar untuk kelas eksperimen sebesar 34.64% (kategori sedang), dan persentase skor rerata N-gain untuk tes hasil belajar untuk kelas kontrol sebesar 16.73% (kategori rendah), (2) persentase skor angket untuk tes hasil belajar peserta didik adalah 100%, dan persentase skor hasil dari lembar kerja peserta didik adalah 80%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat lebih meningkatkan hasil belajar sekolah dasar pada materi sifat cahaya dibandingkan dengan penerapan pembelajaran dengan model biasa (konvensional). Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Peningkatan hasil belajar, dan Sifat Cahaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 06:02 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 06:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37102 |
Actions (login required)
View Item |