Penerapan Model PjBL (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Keterampilan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn

Suci Setiawati, 115060088 (2016) Penerapan Model PjBL (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Keterampilan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (108kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I Revisi.docx

Download (33kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan di SDN Karangsetra Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki masalah-masalah dalam pembelajaran PKn pada materi struktur organisasi desa dan pemerintahan kecamatan di kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Pembelajaran PKn belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 70. Rendahnya hasil belajar siswa tidak terlepas dari rendahnya aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan karena guru kurang kreatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa, sehingga membuat siswa kurang fokus dan tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan sintaks model pembelajaran Project Based Learning. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan keterampilan dalam proses pembelajaran yang mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh presentase 61,70% dan siklus II sebesar 86,70%. Dan terlihat juga adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I, siswa yang telah mencapai KKM yaitu 15 siswa dengan presentase 50% dan siklus II siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan menjadi 27 siswa dengan presentase 90%. Hal ini dikarenakan pada model Project Based Learning, siswa tidak hanya memahami konsep yang diberikan oleh guru tetapi siswa juga terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa yang akan menjadi lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model pembelajaran Project Based Learning, keterampilan dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Mar 2016 06:16
Last Modified: 17 Mar 2016 06:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item View Item