“PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA STUDI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017 -2018”

ROMI SAHARAH, 145020097 (2018) “PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA STUDI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017 -2018”. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
CVR.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2017 – 2018” Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada kelas x sma pasundan 2 bandung tahun ajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan metode dalam penelitian ini adalah metode survey. Subjek dalam penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 100 siswa. Analisis data yang digunakan adalah asosiatif kausal, dan melalui perhitungan rata rata skor(mean) skor, regresi linear sederhana, dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian dengan menggunakan asosiatif kausal diperoleh rekapitulasi skor rata rata tanggapan responden mengenai pengelolaan kelas sebesar 3,71 (74%) dari 20 pernyataan dan mengenai prestasi belajar sebesar 4 (74%) dari 8 pernyataan berada pada kategori “baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh coefficient regresi linear sederhana (Y = 40,558 + 1,140 X) dapat dijelaskan jika terjadi peningkatan sebesar 1 nilai pada variabel pengelolaan kelas maka akan meningkatkan nilai prestasi belajar 40,558 dan Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diketahui prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pengelolaan kelas sebesar 74% sebagian lainnya 26% dipengaruhi oleh faktor lain di luar pengelolaan kelas, seperti guru, lingkungan sekolah dan lainnya. Kesimpulan penelitian, hipotesis dapat diterima, sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran Bagi siswa kelas X SMA Pasundan 2 Bandung tahun ajaran 2017/2018 diharapkan selalu mengikuti pembelajaran dikelas dengan tekun saling menghargai satu sama lain, baik antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai, kepada guru dalam pengelolaan kelas pada saat pembelajaran diharapkan mampu menciptakan kondisi kelas yang membuat siswa lebih semangat dalam belajar, seperti terus mengikuti zaman sesuai dengan yang sedang booming saat ini sehingga mampu dengan mudah meciptakan pembelajaran sehingga siswa nyaman, dan juga seorang guru diharapkan mampu memberi motivasi dan membuat suasana yang kondusif serta tidak membosankan, bagi sekolah diharapkan lebih memperhatikan setiap tenaga pendidik agar seluruh tenaga pendidik memiliki kemampuan yang sama dalam mengelola kelas dengan baik dan menekankan kepada setiap tenaga pendidik agar mampu menjadikan setiap siswa tidak hanya mengetahui pelajaran saja tapi mampu mengaplikasikannya dan kepada Peneliti selanjutnya agar penelitian lebih lanjut mengenai pengelolaan kelas sebaiknya lebih memperhatikan pembagian alokasi waktu, baik itu berdasarkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran ataupun tingkat kesukaran dari materi yang akan disampaikan, sehingga pada akhirnya siswa mendapat alokasi waktu yang cukup dalam melakukan pembelajaran. Kata Kunci: Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:15
Last Modified: 02 Oct 2018 04:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37094

Actions (login required)

View Item View Item