PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa di Kelas IV SD Negeri Padakati Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat)

Winny Amalia Prabaniati, 145060184 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa di Kelas IV SD Negeri Padakati Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BASA SUNDA.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia pada siswa kelas IV SD Padakati dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yaitu pembelajaran yang diberikan oleh guru masih satu arah (Teacher-Centered),siswa belum memiliki sikap percaya diri untuk memecahkan suatu masalah dalam pembelajaran dikarenakan kurang berani bertanya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Selain meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning juga dapat meningkatkan sikap percaya diri peserta didik pada setiap siklusnya. Untuk hasil belajar siklus I sebesar 60%, siklus II sebesar 80%, dan siklus III sebesar 88%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 71 (baik), siklus II sebesar 75,2 (baik), dan siklus III sebesar 76,6 (baik). Serta peningkatan sikap percaya diri dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 52%, dan siklus II sebesar 72%, dan siklus III sebesar 84%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 67,4 (baik), siklus II sebesar 73,7 (baik), dan siklus III sebesar 80,2 (baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sikap percaya diri pada subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 02:55
Last Modified: 02 Oct 2018 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37060

Actions (login required)

View Item View Item