PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FABEL DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BONEKA PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/1018

Intan Munawaroh, 145030137 (2018) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FABEL DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BONEKA PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/1018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Cerita fabel merupakan suatu cerita fiksi yang menceritakan kehidupan binatang sebagaimana halnya kehidupan yang di dalamnya menyampaikan pesan moral. Alat peragaboneka merupakan salah satu benda yang digunakan untuk memeragakan dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi Cerita Fabel dengan Menggunakan Alat Peraga Boneka pada Siswa Kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Adapun rumusan masalah penulis adalah: Mampukan penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel dengan menggunakan alat peraga boneka pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol dengan baik? Metode yang digunakan oleh penulis adalah true experimental dengan bentuk penelitian uji coba, observasi, tes, dan analisis. Hasil penelitiannya, yaitu: Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik. Hal tersebut dibuktikan nerdasarkan nilai yang diperoleh penulis pada tahap perencanaan yaitu 3.72 dan nilai tahap pelaksanaan yaitu 3.70 dengan rata-rata nilai kumulatif 3.71 termasuk kategori baik sekali (A); Alat peraga boneka efektif digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel. Hal ini terbukti berdasarkan berdasarkan nilai tes awal dan tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil tes awal pada kelas eksperimen rata-rata 64 dan nilai tes akhir rata-rata 88, sedangkan hasil tes awal pada kelas kontrol 47 dan hasil tes akhir pada kelas kontrol 70. Hal ini juga dibuktikan nerdasarkan hasil data indeks gain. Kategori tertinggi pada kelas eksperimen sebanyak 12 responden, sementara kategori tertinggi pada kelas kontrol hanya 4 responden. Berdasarkan data tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel dengan menggunakan alat peraga boneka pada kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung, telah dilaksanakan dan berhasil. Kata kunci: Alat peraga boneka, cerita fabel, menceritakan kembali.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:15
Last Modified: 18 Oct 2018 06:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37028

Actions (login required)

View Item View Item