PEMAHAMAN TENTANG PERANGKAT PEMBELAJARAN DI MICRO TEACHING TERHADAP KESIAPAN PRAKTEK MENGAJAR MAHASISWA FKIP UNPAS (Survey Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung Angkatan 2014)

Heryanto Lumbantoruan, 145020098 (2018) PEMAHAMAN TENTANG PERANGKAT PEMBELAJARAN DI MICRO TEACHING TERHADAP KESIAPAN PRAKTEK MENGAJAR MAHASISWA FKIP UNPAS (Survey Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung Angkatan 2014). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK IND.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ING.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN SUNDA.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini “Pemahaman Tentang Perangkat Pembelajaran Di Micro Teaching Terhadap Kesiapan Praktek Mengajar Mahasiswa FKIP Unpas. (Survey Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung Angkatan 2014)”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terdapatnya mahasiswa calon guru kurang percaya diri dalam melaksanakan kegiatan mengajar di lapangan dan kurangnya pemahaman mengenai perencanaan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai pemahaman tentang perangkat pembelajaran di micro teaching dan kesiapan mengajar mahasiswa serta untuk mengetahui pemahaman tentang perangkat pembelajaran di micro teaching terhadap kesiapan praktik mengajar mahasiswa FKIP Unpas angkatan 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Subjek dalam penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 247 mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor, regresi linier sederhana dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 24.0 for Windows. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif diperoleh rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai pemahaman tentang perangkat pembelajaran sebesar 3,30 (66,11%) berada pada kategori “paham”, sedangkan mengenai kesiapan mengajar mahasiswa sebesar 3,64 (72,79%) berada pada kategori “baik”. Berdasarkan analisis verifikatif data yang telah dilakukan diperoleh Coefficients regresi linier sederhana (Y = 15,000+0,495X) dapat dijelaskan jika terjadi peningkatan sebesar 1 pada variabel pemahaman perangkat pembelajaran maka akan meningkatkan kesiapan mengajar sebesar 0,495. Sedangkan sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel perangkat pembelajaran terhadap variabel kesiapan mengajar mahasiswa berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi adalah sebesar 21,00%, sedangkan sisanya sebesar 79,00% dipengaruhi oleh faktor di luar variabel pemahaman tentang perangkat pembelajaran, serta kesimpulan dapat diterima. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran micro teaching diharapkan mampu mengembangkan teknik mengajar dan mampu membuat pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif dan menyenangkan bagi dosen pengampu, hendaknya memberikan suatu informasi terbaru serta pengetahuan mengenai perangkat pembelajaran, bagi LPTK diharapkan dapat mengadakan kegiatan-kegiatan atau program-program yang sifatnya dapat mengembangkan pemahaman dan kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru dalam mempersiapkan dirinya untuk melaksanakan kegiatan praktik mengajar dan bagi peneliti lain di bidang pendidikan dapat melakukan penelitian yang serupa dengan variabel atau objek penelitian yang berbeda agar dapat diketahui faktor-faktor lain yang mempengaruhi kesiapan mengajar mahasiswa. Kata Kunci: Pemahaman Perangkat Pembelajaran, Kesiapan Mengajar Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:02
Last Modified: 01 Oct 2018 04:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37018

Actions (login required)

View Item View Item