KAJIAN PENGEMBANGANSTANDAR KOMPETENSI DAN STANDAR SERTIFIKASI TENAGA AHLI KONSTRUKSI INDONESIA DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PADA ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (STUDI KASUS PADAASOSIASI TENAGA TEKNIK AHLI DAN TERAMPIL INDONESIA)

John Chaidir, NPM : 159010005 (2018) KAJIAN PENGEMBANGANSTANDAR KOMPETENSI DAN STANDAR SERTIFIKASI TENAGA AHLI KONSTRUKSI INDONESIA DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PADA ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (STUDI KASUS PADAASOSIASI TENAGA TEKNIK AHLI DAN TERAMPIL INDONESIA). Disertasi(S3) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel John Chaidir.docx

Download (56kB)

Abstract

Tenaga ahli konstruksi merupakan tenaga kerja konstruksi yang paling menentukan dalam kegiatan proyek konstruksi di Indonesia tetapi diindikasikan oleh penulis bahwa sebagian dari mereka kurang kompeten dari segi kemampuan menyelesaikan pekerjaan secara berkualitas dan tepat waktu.Berdasarkan Global Competitiveness Index 2014-2015, daya saing tenaga kerja Indonesia secara umum cukup lemah dibandingkan dengan beberapa negara ternama ASEAN lainnya. Sementara salah satu isu yang mengemuka dengan implementasi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) adalah masalah kesiapan sumber daya manusia Indonesia dimana MEA membuka arus bebas perdagangan barang atau jasa dan juga pasar tenaga kerja profesional sehingga tenaga ahli konstruksi kita dituntut untuk mampu berkompetisi dalam era MEA.Penelitian kualitatif yang bersifat case study ini dilakukan untuk meneliti fungsi sertifikasi tenaga ahli konstruksi dalam upaya pengembangan kompetensi tenaga ahli konstruksi di Indonesia. Proses sertifikasi yang dilaksanakan oleh asosiasi profesi seperti ASTTATINDO (lokus penelitian) memiliki fenomena sebagai alat restrukturisasikerangkaclassificationand qualification serta mampu memperbaikikompetensikerjakonstruksi untuksetiapbidangpekerjaan; sehingga dibutuhkan perbaikan standar sertifikasi serta penelitian kendala-kendala dalam pembentukan kompetensi dan proses sertifikasi yang baik dalam menghadapi era MEA. Untuk itulah penelitian ini dilakukan melalui wawancara terhadap berbagai unit analisis serta pendapat dari experts dibidang Jasa Konstruksi dan Sumber Daya Manusia serta data dari berbagai literatur. Kata Kunci: Jasa Konstruksi, Tenaga Ahli Konstruksi, Kompetensi, Sertifikasi, dan MEA.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 28 Sep 2018 07:20
Last Modified: 28 Sep 2018 07:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36985

Actions (login required)

View Item View Item