PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PASUNDAN 7 BANDUNG (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Pada Konsep Manajemen Kelas X MIPA Semester 2 Tahun Akademik 2017-2018)

DHITA NUR FATIKHAH, 145020007 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PASUNDAN 7 BANDUNG (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Pada Konsep Manajemen Kelas X MIPA Semester 2 Tahun Akademik 2017-2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 1.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB III.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Coperative Learning tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Studi Quasi Eksperimen Pada Materi Konsep Manajemen Kelas X MIPA SMA Pasundan 7 Bandung”. Di latar belakangi oleh pentingnya hasil belajar di dalam kelas dan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Talking Stick dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi sub tema konsep manajemen di kelas X MIPA SMA Pasundan 7 Bandung. Lokasi penelitian di Universitas Pasundan angkatan 2014. Model yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, yang di pilih adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Pasundan 7 Bandung yang berjumlah 31 siswa kelas kontrol dan 31 siswa kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan cara pretest dan postest. Analisis data yang di gunakan di bantu dengan SPSS release 23.0 for Windows. Hipotesis atau pertanyaan penelitian berbunyi penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Pasundan 7 Bandung. Berdasarkan temuan dan pengolahan data di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di peroleh dari hasil postest yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 85,48 untuk kelas eksperimen dan 71,77 untuk kelas kontrol. Kesimpulannya hipotesis penelitian yang berbunyi “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MIPA SMA Pasundan 7 Bandung” Sebagai akhir penelitian, peneliti menyampaikan saran kepada peserta didik diharapkan dapat mengembangkan intelektual dan dapat lebih aktif, bagi guru alternatif dalam pembelajaran. Bagi sekolah, diharapkan agar dijadikan sumber informasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada hasil belajar peserta didik. Bagi kepala sekolah, diharapkan dapat bermanfaat bagi pendidik serta dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Bagi peneliti selanjutnya. Bagi para peneliti lain di bidang pendidikan dapat melakukan penelitian serupa dengan model, media dan metode pembelajaran yang berbeda agar diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan pemahaman pembelajaran pada pokok bahasan selanjutnya. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Talking Stick dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2018 07:50
Last Modified: 27 Sep 2018 07:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36964

Actions (login required)

View Item View Item