PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMK NASIONAL BANDUNG (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Sub Tema Permintaan dan Penawaran di Kelas X Administrasi Perkantoran Tahun Ajaran 2017-2018)

PUERI DWI CAHYANI, 145020056 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMK NASIONAL BANDUNG (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Sub Tema Permintaan dan Penawaran di Kelas X Administrasi Perkantoran Tahun Ajaran 2017-2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indo.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak sunda.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (54kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah “Pengaruh Model Pemeblajaran Make A Match Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Sub Tema Permintaan dan Penawaran di Kelas X Administrasi Perkantoran Tahun Ajaran 2017/2018)”. Dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Mengetahui penerapan model make a match pada mata pelajaran ekonomi kelas X AP 2 di SMK Nasional Bandung. 2) Mengetahui kekatifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X AP 2 di SMK Nasional Bandung. 3) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran make a match terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X AP 2 di SMK Nasional Bandung. Jalan Sedang serang No. 17 Bandung 40134 Coblong. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X AP 2 SMK Nasional Bandung dengan jumlah/total 34 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan tingkat ekplanasi asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kueisioner dan studi kepustakaan dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefesien determinasi. Hipotesis penelitian berbunyi “Terdapat pengaruh positif antara model pembelajran make a match (X) terhadap kekatifan belajar siswa (Y) pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis”. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan IBM SPSS Statistics 23.0 for windows, bahwa analisis regresi linier sederhana sebesar Y = 10,085 + 0,442 X yang berarti setiap kenaikan satu poin pada model pembelajaran make a match akan menyebabkan kenaikan sebesar 0,442 poin pada keaktifan siswa. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (Model Pembelajaran Make A Match) terhadap variabel Y (Keaktifan Siswa), maka digunakan koefesien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 33%. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar dapat lebih meningkatkan keaktifan belajar siswa. Dalam hal ini perlu adanya interaksi yang aktif antar guru dan siswa, sehingga model pembelajaran make a match yang dilaksanakan guru benar-benar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dapat mencapai pembelajaran yang baik, dan bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengadakan penelitian lebih lanjut terhadap faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keaktifan belajar si swa dan pada kelas yang berbeda. Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match, keaktifan belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2018 07:36
Last Modified: 27 Sep 2018 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36962

Actions (login required)

View Item View Item