PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Survey Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung)

Indriyani Pratiwi, 144020085 and Pembimbing 1, Prof. Dr. H. Tubagus Hasanudin M.Sc.,C.P.A and Pembimbing 2, Mochamad Ridwan.,SE., MSi., AK., CA (2018) PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Survey Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER draft.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Revisi BAB I ok.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Revisi Bab II ok.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Revisi BAB III ok.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (212kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan. Oleh karena itu, informasi yang terdapat di dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) harus bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan para pemakai. Laporan Keuangan Pemerintahan memiliki fungsi yang sangat vital salah satu fungsinya adalah laporan keuangan merupakan gambaran kondisi suatu pemerintahan dan sebagai salah satu cara bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan akuntabilitas pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan daerah. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan survey. Perhitungan jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan rumus Slovin dimana jumlah responden pada penelitian ini adalah 75 responden. Perhitungan ststistik yang digunakan untuk menguji hipotesis terdiri dari uji asumsi klasik, analisis korelasi, analisi regresi linier berganda dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil penelitian menunjukan secara parsial Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah sebesar 30,2%. Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah sebesar 22,2%. Hasil penelitian secarra simultan menunjukkan bahwa Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah terhadap Laporan Keuangan Daerah perpengaruh sebesar 52,4% sisanya dipengaruhi oleh factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 27 Sep 2018 07:37
Last Modified: 27 Sep 2018 07:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36961

Actions (login required)

View Item View Item