IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGANALISIS DRAMA BERORIENTASI KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Renny Yossep Yusdahniar, NPM : 168090006 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGANALISIS DRAMA BERORIENTASI KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Renny Yossep Yusdahniar.docx

Download (33kB)

Abstract

Tesis ini bertujuan memperjelas pelaksanaan Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Menganalisis Drama Berorientasi Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA SMAN 4 Bandung. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Pasca Sarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M. Si. (II) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M. Pd.Model pembelajaran dalam proses belajar mengajar merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh pendidik karena model pembelajaran sangat membantu kelancatra penyelengaraan kegiatan pembelajaran. Dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat, kegiatan pembelajaran akan lebih efektif, aktif dan kritis.Tujuan penelitian ini 1) mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran menganalisis drama berorientasi karakter menggunakan model problem based learning; 2) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara kemampuan dalam menganalisis drama berorientasi karakter dengan model Problem Based Learning dan model konvensional ; 3) mengetahui penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam menganalisis drama berorientasi karakter lebih baik daripada penggunaan model konvensional ; 4) mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning dalam menganalisis drama berorientasi karakter terhadap peningkatan berpikir kritis peserta didik.Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Method) tipe Penyisisp (The Embedded Desain). Pendekatan yang digunakan adalah Quasi eksperimen tipe Nonequipalent Group Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas Kelsa XI MIPA 2 dengan jumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 dengan jumlah 37 orang sebagai kelas kontrol. Teknis analisis data yangdigunakan adalah paired sample t-test, independent sample t-test, shapiro wilk, dan SPSS versi 23.Berdasarkan hasil analisis data dan hasil pengujian hipotesis, diperoleh simpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam menganalisis drama berorientasi karakter dengan penggunaan metode diskusi ( konvensional). Hasil lain menujukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran menganalisis drama berorientasi karakter pada kelas XI MIPA SMAN 4 Bandung.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 26 Sep 2018 03:44
Last Modified: 26 Sep 2018 03:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36930

Actions (login required)

View Item View Item