PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

TIARA KUSUMA HIDAYAT, 145050098 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Project Based Learning adalah model pembelajaran yang menekankan siswa untuk menghasilkan sebuah produk atau media dalam proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran, siswa ikut serta secara aktif dalam kegiatan-kegiatan yang kompleks dan inovatif. Model pembelajaran Project Based Learning dapat menuntut siswa berfikir secara kreatif karena dapat membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran sehingga juga dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, mengetahui kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Project Based Learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 1 Kadungora Garut. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Kadungora Garut sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan pada tipe ini berupa tes tipe uraian kemampuan berpikir kreatif matematis dan skala kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model Skala Likert. Analisis data dengan menggunakan bantuan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian yang diperoleh adalah; 1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) Kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Project based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Project Based Learning. Kata Kunci : Berpikir kreatif matematis, Kemandirian Belajar, Project Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Sep 2018 01:54
Last Modified: 25 Sep 2018 01:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36855

Actions (login required)

View Item View Item