PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP)

NENI KUSTINI, 145050061 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK Bahasa Inggris.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I skripsi NENI.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II skripsi NENI.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB III skripsi NENI.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB IV skripsi NENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V skripsi NENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Mengetahui disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 3) Mengetahui terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa ya ng memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian “Pretest-Posttest Control Group”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Majalaya. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling dengan memilih 2 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan komunikasi dan angket disposisi matematis. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software SPSS 17.0 for Windows. Hasil yang diperoleh setelah melakukan penelitian adalah: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 3) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Dari kesimpulan tersebut, maka penulis menyarankan kepada guru untuk mencoba menerapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci : Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Disposisi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Sep 2018 07:23
Last Modified: 21 Sep 2018 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36568

Actions (login required)

View Item View Item