PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMA

THIA YULISTIA, 145050006 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (0B)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (0B)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (0B)
[img] Text
15. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (0B)
[img] Text
16. BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (0B)
[img] Text
17. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (0B)
[img] Text
18. BAB IV HASIL PENELITIAN & PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
19. BAB V SIMPULAN & SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis dan Self Regulated Learning sangat penting dalam pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya kemampuan berpikir kritis dan Self Regulated Learning masih tergolong rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis yaitu dengan model pembelajaran Problem Posing. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran Problem Posing dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui apakah Self Regulated Learning siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Posing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis matematis dan Self Regulated Learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Posing. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak kelompok atau acak kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis sebanyak 6 soal dan angket untuk mengukur Self Regulated Learning dengan 30 butir pernyataan. Tes diujicobakan di kelas XI. Dari hasil uji coba 6 soal, semua soal layak digunakan dan angket Self Regulated Learning layak digunakan untuk penelitian dengan sedikit revisi. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan uji perbandingan dua rerata dengan program IBM SPSS Statistic 20.0. Berdasarkan hasil analisis penelitian, diperoleh: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Self Regulated Learning siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Posing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis matematis dan Self Regulated Learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Posing. Kata Kunci: Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self Regulated Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Sep 2018 06:59
Last Modified: 21 Sep 2018 06:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36566

Actions (login required)

View Item View Item