PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV SDN Neglasari 129 Rancasawo Margasari Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018)

DESTIYANI, 145060158 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV SDN Neglasari 129 Rancasawo Margasari Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Neglasari 129 Rancasawo Margasari Kota Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang, penelitian ini latar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dikarenakan kurangnya penggunaan media interaktif yang menyebabkan siswa lambat dalam memahami pelajaran. Dalam menyampaikan pelajaran, guru hanya menggunakan metode pembelajaran ceramah, mencatat dan penugasan untuk pelajaran sehinggan terasa membosankan sehingga membuat hasil belajar siswa rendah. Dari segi aktivitas belajar dikelas, suasana belajar lebih berpusat pada guru (teacher centered) itu akan membuat siswa menjadi pasif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri dari 3 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar diperoleh hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh peningkatan hasil belajar dari hasil tes yaitu pada pembelajaran siklus I sebesar 57,14% kemudian pada siklus II sebesar 75% dan pada siklus III mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 89,28%. Sedangkan sikap peduli siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 57,14%, kemudian pada siklus II sebesar 71,42%, dan kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus III yaitu menjadi 85,71%. Sikap tanggung jawab siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 53,57%, kemudian pada siklus II sebesar 75%, dan kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus III yaitu menjadi 92,85%. Sikap percaya diri siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 60,71%, kemudian pada siklus II sebesar 75%, dan kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus III yaitu menjadi 92,85%. Dan yang terakhir keterampilan diskusi siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 57,14%, kemudian pada siklus II sebesar 71,42%, dan kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus III yaitu menjadi 89,28%. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Neglasari 129 Rancasawo Margasari Kota Bandung. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Sep 2018 03:41
Last Modified: 20 Sep 2018 03:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36537

Actions (login required)

View Item View Item