PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN SELF-AWARENESS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING

Zeynep Canbulut, 145050059 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN SELF-AWARENESS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
a. cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
c. ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
C. ABSTRACT.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
i. dafus.pdf

Download (135kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran yang aktif dapat memotivasi peserta didik lebih maksimal sehingga dapat menghindarkan peserta didik dari sifat malas, mengantuk, melamun, dan sejenisnya, yang secara langsung akan berdampak terhadap hasil belajar, kemampuan berpikir reflektif matematis, serta self-awareness peserta didik, satu diantara berbagai pembelajaran aktif adalah model pembelajaran probing-prompting. Probing-prompting adalah model pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menggali dan menuntun sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis serta self-awareness pada siswa kelas X SMA Bhina Darma 2 Bandung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Bhina Darma 2 Bandung, teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan tes dan non tes, serta teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji indepent sample t-test. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh temuan penelitian bahwa: (1) Kemapuan berpikir reflektif matematis siswa yang belajar menerapkan model pembelajaran probing-prompting lebih baik daripada siswa yang menerapkan model pembelajaran ekspositori. (2) Self-awareness siswa matematika yang menggunakan model pembelajaran probing-prompting lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori. (3) Tidak terdapat korelasi antara berpikir reflektif matematis dan self-awareness siswa. Kata kunci: Kemampuan berpikir reflektif matematis, probing-prompting, self-awareness.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:53
Last Modified: 19 Sep 2018 03:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36502

Actions (login required)

View Item View Item