Zeynep Canbulut, 145050059 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN SELF-AWARENESS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
a. cover.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
c. ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
C. ABSTRACT.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (342kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
i. dafus.pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran yang aktif dapat memotivasi peserta didik lebih maksimal sehingga dapat menghindarkan peserta didik dari sifat malas, mengantuk, melamun, dan sejenisnya, yang secara langsung akan berdampak terhadap hasil belajar, kemampuan berpikir reflektif matematis, serta self-awareness peserta didik, satu diantara berbagai pembelajaran aktif adalah model pembelajaran probing-prompting. Probing-prompting adalah model pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menggali dan menuntun sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis serta self-awareness pada siswa kelas X SMA Bhina Darma 2 Bandung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Bhina Darma 2 Bandung, teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan tes dan non tes, serta teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji indepent sample t-test. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh temuan penelitian bahwa: (1) Kemapuan berpikir reflektif matematis siswa yang belajar menerapkan model pembelajaran probing-prompting lebih baik daripada siswa yang menerapkan model pembelajaran ekspositori. (2) Self-awareness siswa matematika yang menggunakan model pembelajaran probing-prompting lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori. (3) Tidak terdapat korelasi antara berpikir reflektif matematis dan self-awareness siswa. Kata kunci: Kemampuan berpikir reflektif matematis, probing-prompting, self-awareness.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 03:53 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 03:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36502 |
Actions (login required)
View Item |