PEMBERITAAN PENCALONAN RIDWAN KAMIL PADA PILGUB JABAR 2018 DI HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT Studi Analisis Wacana Pemberitaan Pencaloan Ridwan Kamil Pada Pilgub Jabar 2018 di Harian Umum Pikiran Rakyat Edisi 09 Desember 2017- 09 Desember 2018

Giani Siti Septarini, 142050227 (2018) PEMBERITAAN PENCALONAN RIDWAN KAMIL PADA PILGUB JABAR 2018 DI HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT Studi Analisis Wacana Pemberitaan Pencaloan Ridwan Kamil Pada Pilgub Jabar 2018 di Harian Umum Pikiran Rakyat Edisi 09 Desember 2017- 09 Desember 2018. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
lembar persetujuan scan.docx

Download (444kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
cover.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemberitaan Pencaloan Ridwan Kamil Pada Pilgub Jabar 2018 di Harian Umum Pikiran Rakyat”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wacana mengenai pencalonan Ridwan Kamil pada Pilgub Jabar 2018 di Harian Umum Pikiran Rakyat. Penelitian ini memfokuskan penelitian kepada bagaimana analisis wacana pemberitaan pencaloanan Ridwan Kamil pada Pilgub Jabar 2018 di Harian Umum Pikiran Rakyat edisi 9 Desember 2017 – 9 Januari 2018. Serta untuk mengetahui bagaimana analisis pada dimensi teks, kognisi sosial, dan konteks sosial Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalalah metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan studi kepustakaan, observasi, studi dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan informan yang terdiri dari 9 orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kontruksi realitas sosial dari Berger dan Luckmann. Dengan pendekatan analisis wacana model Teun A. Van Djik yang membahas mengenai analisis teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pada analisis teks umumnya Pikiran Rakyat mengambil tema mengenai dinamika partai pengusung Ridwan Kamil dan dari segi superstruktur serta struktur mikro umumnya Pikiran Rakyat menuliskan pemberitaan sangat sistematis dan semua unsur 5W + 1H ada didalamnya. Pada level kognisi sosial, wartawan pada umumnya membuat suatu pemberitaan dengan skema peran dan skema peristiwa, serta sudah sesuai dengan fungsinya yaitu memberikan suatu informasi. Selanjutnya level konteks sosial dimana sosok Ridwan Kamil ini memiliki faktor kekuasaan atau dominasi di kalangan masyarakat, dan aspek yang dapat mempengaruhi wacana diantaranya yaitu media sosial dan pemilik media itu sendiri. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi kajian atau referensi khususnya dalam bidang jurnalistik.dalam kedepannya, penelitian sejenis ini dapat dilakukan dengan analisis wacana model yang sama atau model yang lainnya, maupun pada analisis lain pada kasus – kasus serupa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 18 Sep 2018 07:38
Last Modified: 18 Sep 2018 07:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36496

Actions (login required)

View Item View Item