NELI MEGAWATI, 145060062 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP TELITI SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
MATERI BAB 1.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
MATERI BAB 2.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
MATERI BAB 3.pdf Download (896kB) | Preview |
|
Text
MATERI BAB 4 VERSI SS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
MATERI BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap teliti siswa dengan menggunakan model discovery learning pada tema kayanya negeriku subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cikaro 1 Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung dan dilatar belakangi keadaan siswa yang belum teliti dalam mengerjakan tugas dan prestasi belajar yang masih di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulasi/pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa, dan penilaian sikap teliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian prestasi belajar dan sikap teliti. Pada penilaian prestasi belajar siklus I belum mencapai kategori tuntas dengan nilai rata-rata pretest 60 dan postest dengan nilai rata-rata 64,03. Prestasi belajar siswa pada siklus II juga belum mencapai kategori tuntas dengan nilai rata-rata pretest 65,5 dan postest dengan nilai rata-rata 69,5. Dan pada siklus III prestasi belajar siswa meningkat dengan kategori tuntas dengan rata-rata nilai pretest 77,07 dan postest 87. Pada penilaian sikap teliti nilai rata-rata siklus I yaitu 2,3 dan siklus II mencapai nilai 2,72, sedangkan siklus III mencapai nilai 3,25. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap teliti siswa pada tema kayanya negeriku subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia di kelas IV SDN Cikaro 1. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap teliti siswa. Kata kunci: discovery learning, prestasi belajar, teliti.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 23:08 |
Last Modified: | 17 Sep 2018 23:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36450 |
Actions (login required)
View Item |